Selasa, 19 Maret 2013

Cara, Niat, dan Doa Shalat Dhuha

Cara, Niat, dan Doa Shalat Dhuha . Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu dhuhur. Shalat dhuha memiliki manfaat besar diantaranya  membuka pintu-pintu rezeki dan keberkahannya.
Niat Shalat Dhuha
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
Artinya :Aku Niat Shalat Sunnah Dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala

Doa Shalat Dhuha

اَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَائُكَ وَ اْلبَهَاءَ بَهَائُكَ وَ اْلجَمَالَ جَمَالُكَ وَ الْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَ الْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِى السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَ إِنْ كَانَ فِى اْلأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَ إِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ إِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَ إِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَ بَهَائِكَ وَ جَمَالِكَ وَ قُوَّتِكَ وَ قُدْرَتِكَ. آتِنِيْ مَا آتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ.
Artinya : “Ya Allah, bahwasanya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan itu adalah keindahan-Mu, kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, kekuasaan itu adalah kekuasaan-Mu dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rezkiku masih diatas langit, turunkanlah, dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar, mudahkanlah, dan jika haram sucikanlah dan jika jauh, dekatkanlah, berkat waktu Dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu, dan kekuasaan-Mu limpahkanlah kepada kami segala yang engkau telah limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

Cara Melaksanakan Shalat Dhuha

Shalat dhuha dilakukan pada waktu pagi hari disaat matahari meninggi sekitar 7 hasta ( kira-kira jam 7.00 ). Shalat Dhuha lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah, berdasarkan hadits Qudsi Nabi : ” Allah berfirman : “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani).
Berniat untuk melaksanakan shalat dhuha setiap 2 rakaat 1 salam. Seperti biasa bahwa niat itu tidak harus dilafazkan, karena niat sudah dianggap cukup meski hanya di dalam hati.
Membaca surah Al-Fatihah
Membaca surah Asy-Syams (QS:91) pada rakaat pertama, atau membaca Surah Al-Kaafirun (QS:109)
Membaca surah Adh-Dhuha (QS:93) pada rakaat kedua, atau cukup dengan   membaca Al-Ikhlas (QS:112) jika tidak hafal surah Adh-Dhuha.
Menutup shalat dhuha dengan berdoa

Semoga artikel tentang shalat dhuha menambah kualitas ibadah kita bersama. amin (baca juga artikel tentang Cara, Niat, Doa Shalat Tasbih  ,  Cara, Niat, dan Doa Shalat Istisqa  , dan  Shalat Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan – Niat ). )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar