Selasa, 19 Maret 2013

Doa Berkaitan Pemakaman Orang Meninggal

Doa Berkaitan Pemakaman Orang MeninggalDoa Berkaitan Pemakaman Orang Meninggal. Salah satu tanda kemuliaan manusia bahwa pada saat meninggal pun ada aturan dan syarat tertentu yang harus diperhatikan. Hal tersebut di antaranya tata cara doa-doa yang berkaitan dengan pemakaman orang yang meninggal, seperti :
1. Doa pada waktu dishalati
Setelah takbir keriga dalah shalat jenazah, doa yang dibaca berdasarkan hadis Rasulullah saw. sebagaimana yang diungkapkan oleh Auf bin Malik adalah :
اللّٰهُـمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ، وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَاكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقِّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْـلاً خَيْرًا مِنْ أَهْـلِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَقِهِ فِنْنَةَ الْقُبُوْرِ وَعَذَابَ النَّارِ. رواه مسلم. (بلوغ المرام، ١١۹).55
“Ya Allah, ampunilah dia dan berikanlah rahmat baginya, hapuskanlah dosanya dan muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kepergiannya, sucikanlah dengan air, salju dan air dingin, pulihkanlah dari kesalahan sebagaimana dibersihkannya pakaian yang putih dari kotoran, gantilah dengan tempat yang yang lebih baik dari tempatnya dan keluarga yang lebih baik dari keluarganya serta masukkanlah dia ke surga, hindarkanlah dia dari sikasaan kubur dan siksaan neraka”. H.R. Muslim. (Bulugul Maram, hal. 119).
2. Doa setelah orang meninggal dimasukkan  ke liang lahat.
Rasulullah memberikan petunjuk bahwa orang yang meninggal tidak boleh dimakamkan pada waktu matahari terbit dan pada waktu tenggelamnya serta pada waktu tengah hari. Dan lubang kuburan menurut Nabi saw. harus dalam dan luas di sisi bagian kaki dan kepala mayit. Pada waktu memasukkan mayit ke dalam kuburan, Rasulullah saw. menganjurkan agar membaca doa berikut :
بِسْــمِ اللهِ وَ بِاللهِ وَعَلىٰ مِلّةِ رَسُوْلِ اللهِ. وَفِى رِوَايَةٍ : بِسْــمِ اللهِ وَ فِى سَبِيْلِ اللهِ وَعَلىٰ مِلّةِ رَسُوْلِ اللهِ. (زاد المعاد و هدى خير العبــاد، الجزء الأول : ١۷٨)56.
“Dengan nama Allah dan karena Allah serta atas kententuan Rasulullah”. Dalam riwayat lain : “Dengan nama Allah, dan pada jalan Allah dan atas ketentuan Rasulullah”.
3. Doa setelah menguburkan mayat
Doa setelah menguburkan mayat di kalangan kaum muslimin terdapat dua cara mendoakan, yaitu :
a. Yang membaca talkin.
Adapun yang melaksanakan bacaan talkin terhadap orang yang telah dikuburkan, membaca doa sebagaimana hadis Rasulullah saw. dari Abu Amamah r.a. sebagai berikut :
إِذَا مَاتَ أَحَدٌ مِنْ إِخْوَاتِكُمْ فَسَوَيْتُكُمُ التُّرَابَ عَلىٰ قَبْـرِهِ فَلْيَقُمْ أَحَدَكُمْ عَلىٰ رَأْسِ قَبْرِهِ، ثُمَّ لَيَقْلْ:يَافُلاَنُ، فَإِنَّهُ يَسْمَعُهُ وَلاَ يُجِبْ، ثُمَّ يَقُوْلُ َافُلاَنُ ابْنُ فُلاَنٍ، فَإِنَّهُ يَسْتَوِى قَاعِدًا، ثُمَّ يَقُوْلُ َافُلاَنُ ابْنُ فُلاَنٍ، فَإِنَّهُ يَقُوْلُ رَشَادَنَا يَرْحَمْكَ اللهُ وَلـٰكِنْ لاَ تَشْعُرُوْنَ، ثُمَّ يَقُوْلُ اذْكُرْ مَا خَرَجْتَ عَلَيْهِ مِنَ الدُّنْيَا، تَشَاهَدَ أَنْ لاَ إِلـٰهَ إلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدٌ عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ، وَ إِنَّكَ رَضِيْتَ بِاللهِ رَبًّا، وَبِاْلإِسْـلاَمِ دِيْنًا وَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا، وَ بِالْقُـرْآنِ إِمَامًا. رواه الطبراني. (زاد المعاد و هدى خير العبــاد، الجزء الأول : ١۷٨)57.
“Apabila meninggal salah seorang dari saudaramu, maka jagalah (timbunlah) tanah atas kuburnya. Kemudian berdiri salah seorang di antara kamu pada bagian kepala kuburannya. Kemudian hendaklah dia berkata : Ya Pulan ! Sesungguhnya dia mendengarnya tetap tidak menjawab. Kemudian katakan : Ya Pulan ibnu Pulan ! Seseungguhnya dia terjaga dalam keadaan duduk. Kemudian katakan : Ya Pulan ibnu Pulan ! Maka sesungguhnya dia berkata : Berikanlah bimbingan kepada kami, semoga Allah merahmatimu, akan tetapi engkau tidak mengetahuinya. Kemudian katakan : Ingat dengan apa kamu keluar dari dunia ? Yaitu kesaksian bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya, dan sesungguhnya kamu ridha bahwa Allah adalah Tuhanmu, Nabi Muhammad adalah Nabimu dan Al-Qur’an sebagai ikutan (panutan)”. H. R. At-Thabrany).
b. Yang tidak membacakan talkin
Setelah mayit dikuburkan, maka ia berdiri di kuburan itu dan mendoakan untuk orang yang meninggal dengan tidak tinggal di tempat orang meninggal tersebut dan tidak tinggal duduk membaca di kuburan itu.
Demikian penjelasan singkat mengenai Doa Berkaitan Pemakaman Orang Meninggal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar