Selasa, 19 Maret 2013

Pengertian Sholat

Rukun Islam yang kedua adlah sholat yang lima waktu. Sholat yang lima waktu sangatlah penting, jangan sampai kita lalai mengerjakannya.
Insya Allah pada postingan kali ini My Blog akan menjelaskan sedikit sekaligus tadarrusan tetang pengertian sholat.
Sholat adalah perintah langsung yang langsung dipertintahkan kepada baginda Nabi Kita, Nabi besar Muhammad SAW. Tidak seperti perintah dan wahyu lainnya yang diturunkan melalui malaikat jibril. Jadi begitu pentingnya ibadah sholat sampai Allah langsung memerintahkannya langsung kepada Rosulullooh.

Sholat yang lima waktu diperintahkan saat Nabi Kita Muhammad SAW isro' dan mi'roj. Pada saat itu Allah SWT pertama perintahkan sholat adlah 50 waktu, dan singkat cerita lalu Allah menguranginya sampai 5 waktu. Bayangkan kalau waktu itu perintah sholat tidak dikurangi mungkin banyak sekali yang tidak mampu mengerjakanna. Yang 5 waktu saja sekarang ternyata banyak yang lalai palagi yang 50 waktu.
Berikut adalah dalil yang mewajibkan sholat
"Wa aqimush-sholaata wa aatuz-zakaata warka'uu ma'ar-rooki'iin"
Artinya: Dan dirikanlah sholat, dan keluarkanlah zakat dan tunduklah rukuk bersama orang-orang yang rukuk.
(S.A Al-Baqoroh: 43)
Selain merupakan kewajiban yang harus Kita kerjakan ternyata keutamaan sholat sangat banyak sekali. Seperti sholat merupakan tiangnya Agama, sholat adalah tempatnya amal, sholat mencegah dari pekerjaaj keji dan munkar dan sholat ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan Kita.
Itulah sekilas tentang pengertian sholat, mudah-mudahan Kita termasuk dalam golongan orang yang suka mengerjakan sholat Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar